Sabtu, 14 Juli 2012

Rokok Masa Depan Aman?




Jika seseorang merokok sebatang rokok tanpa asap, apakah mereka masih dianggap merokok? Teka-teki seperti ini menyebabkan sejumlah pakar kesehatan, perusahaan transportasi dan otoritas pemerintah menggaruk-garuk kepala mereka.


rokok elektrik jepang


"Zero Style Mint" baru diperkenalkan di kota Tokyo oleh Japan Tobacco, Inc. Rokok ini bukan rokok biasa yang dihisap oleh orang tua kita. Meskipun mengandung tembakau, rokok ini tidak memerlukan bara api dan sang perokok tidak perlu menghisap atau mengeluarkan asap sama sekali.

Inilah yang kita sebut sebagai rokok masa depan. Rokok elektrik. Rokok listrik yang pake baterai dan harus di-charge seperti ponsel. Rokok seperti ini udah banyak beredar di dunia, termasuk di Indonesia, meskipun jarang juga aku lihat orang yang pake.

Tapi apakah rokok elektrik bener-bener aman?

Tidak ada jawaban yang pasti. Dua perusahaan penerbangan terbesar di Jepang juga dibikin bingung mengenai persoalan ini. Kata seorang juru bicara JAL (Japan Airlines), "Kami belum mendengar adanya keluhan dari para pelanggan tentang rokok elektrik, termasuk pada penerbangan internasional."

Di sisi lain, ANA (All Nippon Airways) mengatakan, "Rokok tidak boleh digunakan dalam penerbangan. Bahkan jika rokok tersebut tidak berasap, tetap saja itu masih tergolong merokok."

Tapi apakah rokok elektrik lebih aman daripada rokok tembakau biasa? Ya. Karena sedikit banyak, rokok seperti ini tampaknya aman bagi perokok pasif (seperti kita yang berada disamping orang yang merokok).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar